Welcome Selamat Datang di My Blogspot http://pangearunbiru.blogspot.com/?m=0

FAQ of Bloove

Mengenal Bloove;

1. Apa itu Bloove?
Bloove adalah suatu layanan managemen telpon secara online. Dengan Bloove Anda bisa sunting buku alamat kontak dan pengaturan panggilan cepat, memulai panggilan, menangani pesan-pesan dan log - semuanya dijalankan dari peramban favorit Anda. Bloove ibarat PC Suite untuk web.

2. Mengapa saya butuh Bloove?
Bloove terhubung dengan ponsel via koneksi data nirkabel: GPRS, EDGE, 3G, Wi-Fi dsb. Jadi, tidak perlu ada piranti keras seperti kabel, inframerah atau Bluetooth. Anda hanya perlu menginstal aplikasi Agen Bloove pada ponsel Anda, tidak perlu menginstal pada desktop. Anda bisa kelola telpon Anda dari manapun asalkan Anda punya peramban, tidak perlu aplikasi desktop yang rumit.

3. Berapa harganya?
Bloove menawarkan rencana paket gratis dan berbayar. Dengan paket gratis Anda bisa menghubungkan satu ponsel ke akun Anda, menampung hingga 15 nama dalam Arsip Kontak dan 100 item dalam Arsip Pesan.

Akses ke SMS via POP3 (Gmail, Outlook atau program email lainnya). Sedangkan sinkronisasi otomatis hanya tersedia untuk paket berbayar.

Semua fitur lain tidak terbatas: Anda dapat mengatur tanpa batas banyaknya kontak dan pesan pada telpon, juga tanpa batas waktu sedangkan semua fungsi dasar, gratis selamanya. Silahkan cek informasi detil tentang Rencana Paket Bloove.

4. Bagaimana Mendaftar?
Silahkan isi Formulir Pendaftaran Bloove, instal Agen Bloove, lalu masukkan ID keamanan yang ditampilkan oleh Agen.

5. Bagaimana cara menginstal Agen Bloove?
Buka http://Bloove.com/m pada ponsel Anda. Bloove secara otomatis akan menentukan apakah jenis ponsel Anda cocok atau tidak.

Untuk ponsel Symbian atau Windows Mobile Anda perlu menyetujui semua peringatan, lalu jalankan agen Bloove.

Untuk ponsel J2ME Anda perlu memberi hak akses terhadap jaringan dan kontak Anda kepada Agen agar dapat bekerja dengan semestinya sebelum menjalankan aplikasi. Pengaturan Akses berlaku khusus bagi setiap vendor telpon, silahkan lihat penjelasan di bawah ini.

Pada ponsel Nokia buka Aplikasi, pilih Agen Bloove, pilih Pilihan/Akses Aplikasi lalu tetapkan Akses Komunikasi/Jaringan menjadi 'Selalu diizinkan'. Ulangi pengaturan 'Selalu diizinkan' untuk Akses Data/Baca data pengguna dan Akses Data/Tambah dan Edit data.

Pada ponsel Sony-Ericsson buka Organizer/Manajer File/Aplikasi, pilih Agen Bloove, pilih More/Permissions dan tetapkan Akses Internet menjadi 'Never ask'. Ulangi pengaturan 'Never ask' untuk Baca Data Pengguna dan Tulis Data Pengguna. Jika ponsel Anda memungkinkan, atur 'Never ask' untuk 'Pesan' juga.

6. Nama apa yang harus saya masukkan pada tab Open ID jika saya mau login ke Bloove?
Umumnya, OpenID adalah cara mudah menggunakan akun Anda yang sudah ada pada situs lain (jika memang situs dimaksud mendukung fungsi itu). Untuk penjelasan lebih rinci silahkan merujuk ke Artikel Wikipedia.

7. Bagaimana cara sinkronkan ponsel saya dengan Bloove?
Anda perlu aktifkan Agen Bloove pada ponsel Anda. Indikator proses sink akan tampil, dan setelah sinkronisasi berhasil akan muncul pesan Sink telah dilakukan pada ponsel Anda. Juga ada sebuah indikator proses sink pada halaman web (tersedia setelah login).

Jika Anda pelanggan berbayar Bloove, anda bisa mengatur jadwal sinkronisasi otomatis. Silahkan gunakan tab Sink Otomatis di bawah menu telpon 'Rincian'.

Pada ponsel Windows Mobile Anda bisa gunakan opsi Turn WiFi On agar secara otomatis mengaktifkan koneksi nirkabel selama proses sink. WiFi otomatis akan menjadi tidak aktif setelah proses sink. Opsi ini mungkin tidak bekerja pada beberapa ponsel lainnya. Misalnya, telah diketahui adanya kesalahan pada iPAQ Voice Messenger firmware yang menyatakaniPAQUtil does not match Model ID. Dalam hal ini, harap tidak menggunakan opsi "Turn WiFi On".

8. Bagaimana mengelola semua kontak dan pesan saya pada ponsel melalui peramban saya?
Anda perlu aktifkan Agen Bloove pada ponsel dan menunggu hingga ponsel Anda online pada web, setelah itu Anda bisa kelola telpon Anda (tambah, sunting kontak, sms, dsb).

9. Bagaimana cara melihat pesan dan log riwayat panggilan untuk kontak tertentu?
Balon biru kecil akan muncul dekat nama kontak jika ada pesan atau riwayat panggilan. Klik balon itu untuk melihat riwayatnya.

10. Bagaimana fungsi pengiriman SMS bekerja?
Server akan kirimkan perintah ke Agen, lalu Agen pada ponsel mulai kirimkan pesan atas nama Anda. Kebanyakan telpon J2ME meminta konfirmasi pengguna sebelum kirim SMS. Ponsel Symbian akan menyimpan pesan dalam folder Terkirim, dan tidak mungkin bagi J2ME karena kurangnya dukungan API.

11. Bagaimana mengatur akses POP3 untuk SMS saya?
Bloove menyediakan akses read-only untuk SMS Anda. Pertama, aktifkan akses itu pada SMS melalui tab POP3 di menu Profil Anda. Di dalam mail client, gunakan mail.Bloove.com sebagai POP (Incoming) Server, lalu berikan nama pengguna dan kata sandi yang telah Anda masukkan pada langkah sebelumnya. Pastikan untuk menghilangkan tanda cek pada opsi Tinggalkan semua pesan pada server (sebenarnya pesan-pesan tidak akan dihapus di Bloove, hanya dibutuhkan untuk melacak apakah suatu pesan diunduh atau tidak). Jika klien mail Anda meminta alamat email, gunakan saja alamat palsu, misalnya: namapengguna@Bloove.com alamat ini tidak benar-benar digunakan. Jika diminta untuk verifikasi alamat lewati saja tahap ini. Jika klien mail meminta SMTP (Outgoing) Server silahkan masukkan apa saja, misalnya smtp.googlemail.com. Alamat ini tidak akan dipakai.

12. Haruskah saya mengoperasikan Agen Bloove sepanjang waktu?
Agen Blove dioperasikan hanya jika Anda hendak mengubah kontak, melakukan panggilan, mengirim SMS, dll. Jika Agen Bloove tidak sedang beroperasi, data telpon akan tetap bisa diakses melalui peramban dalam model read-only.

13. Berapa besar bandwidth yang digunakan Agen?
Kami menggunakan protokol teroptimasi milik sendiri antara agen dan server. Sekitar 20 Kb per jam terpakai dalam keadaan idle. Transfer data terbesar akan terjadi pada saat koneksi awal, sekitar 10 Kb per 100 kontak. Transfer untuk operasi berikutnya hanya berupa pengubahan data.

14. Apakah Bloove aman?
Aman. Semua bentuk komunikasi agen-server dan server-peramban dienkripsi dengan SLL

15. Telpon merek apa saja yang didukung?
Semua jenis telpon Symbian dan J2ME modern dari Nokia, Samsung, Sony Ericsson dan yang berbasis Windows Mobile 6.0. Folder Pesan dan Arsip Pesan hanya tersedia bagi pengguna Symbian dan Windows Mobile. Daftar log hanya tersedia untuk Nokia dan Samsung S60 serta telpon berbasis Windows Mobile. Anda bisa lihat daftar lengkap Ponsel yang didukung Bloove pada situs kami.

Saat ini kami menunda pengembangan Agen Bloove untuk iPhone Apple dan RIM Blackberry karena mereka berdua tidak memberikan akses API untuk pesan dan hanya kontak sync adalah mungkin. "Untuk alasan keamanan" Telepon Windows 7 tidak menyediakan API untuk mengakses kontak, SMS dan panggilan telepon sama sekali. Jadi kita tidak akan mendukung WP7 sampai itu berubah.

16. Peramban apa saja yang didukung?
Firefox 2, Firefox 3, Internet Explorer 6, Internet Explorer 7, Opera 9. Peramban lainnya bisa juga bekerja tapi belum diuji. Anda boleh menggunakannya atas resiko Anda sendiri dan kirimkan pengalaman Anda di Forum Kami.

17. Bagaimana cara sinkronisasi dengan Kontak Google?
Bloove melakukan sinkronisasi kontak dua arah dengan akun Google yang sah setiap kali Anda sinkronkan ponsel Anda dengan Bloove. Aktifkan telpon yang hendak disinkron pada tab 'Sink Kontak Google' di menu Profil Anda.

Bloove mensinkronkan semua kontak dari ponsel Anda dengan semua kontak di grup Kontak Saya pada daftar Kontak Google. Semua field kontak dari ponsel yang tidak didukung dalam Kontak Google dilewati sebagai field yang telah ditentukan pengguna untuk referensi. Sistem kelompok Kontak Google (Gmail) tidak disinkronkan karena mustahil menyunting atau menghapusnya.

Jika kontak atau grup diubah pada ponsel dan Kontak Google pada waktu bersamaan, maka kontak atau grup versi ponsel-lah yang akan digunakan. Untuk kontak baru dari Kontak Google(Gmail), Bloove mencoba menemukan kontak yang sudah ada (yang memiliki kesamaan alamat email atau nomor ponsel) pada ponsel dan menggabungkannya guna mencegah duplikasi.

No comments: