Welcome Selamat Datang di My Blogspot http://pangearunbiru.blogspot.com/?m=0

HEALTHY SOLUTION














Empat Keuntungan Menangis



 Menahan emosi memang lebih sulit ketimbang mengeluarkannya. Sebagian besar dari kita pun kerap mengekspresikan kebahagiaan atau kesedihan dengan air mata.

Namun, meneteskan air mata atau menangis bukan tanda bahwa Anda orang yang lemah. Faktanya, mereka yang menangis adalah orang-orang yang sehat secara emosional. Ini karena mereka berterus terang mengekspresikan apa yang dirasakan.

Di sisi lain, menahan emosi justru bisa meningkatkan stres. Jika Anda tidak terus terang mengungkapkan perasaan, maka tubuh akan meresponsnya dengan hal lain, seperti sakit kepala dan tekanan darah tinggi.

Selain membuat Anda lebih kuat secara emosional, menangis juga memberikan beberapa manfaat. Berikut daftarnya seperti dilansir dalam Boldksy:

1. Baik untuk kesehatan

Saat menangis, air mata yang dikeluarkan mengandung enzim alami yang bersifat anti bakteri. Enzim lisozim pada air mata dapat membunuh bakteri yang bersarang pada mata.

2. Menjaga tetap relaks

Terus menerus berpikir dan mengkhawatirkan tentang banyak membuat tubuh jadi tidak relaks. Oleh karena itu cobalah menangis dan emosi pun keluar dari dalam tubuh. Cara ini bisa membebaskan Anda dari stres dan memberikan pikiran yang tenang.

3. Luluhkan hati pasangan

Menangis merupakan 'senjata' efektif untuk mengambil hati pasangan Anda. Biasanya ini dilakukan untuk mendapatkan perhatian atau simpati pasangan.

4. Mengekspresikan cinta

Selain itu, menangis juga dapat ditandai sebagai ungkapan kasih sayang yang kuat. Umumnya hal ini terjadi ketika Anda atau pasangan tak lagi dapat ungkapkan kata-kata cinta.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------



Jerawat di wajah seringkali membuat kita tidak percaya diri dan tersiksa karena rasa sakitnya. Selain itu, bekas jerawat cukup sulit untuk dihilangkan. Nah, daripada bingung mengobati, lebih baik mencegah jerawat dengan cara alami. Berikut adalah lima cara mencegah jerawat membandel, seperti dilansir Carefair.com
1. Perbanyak makan bawang putih
Bawang putih dapat menghancurkan bakteri jahat di dalam pori-pori kulit. Selain itu, bawang putih juga berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh, termasuk kulit.
2. Menyinari kulit dengan sinar matahari
Kulit perlu sinar matahari untuk membangunkan kesehatannya sendiri, sehingga sel dapat diaktifkan dengan benar. Biarkan kulit terkena sinar matahari pagi menit setiap hari.
3. Olahraga dan tidur yang cukup
Stres yang Anda alami setiap hari juga akan memicu ketidakseimbangan hormon dan berakhir pada jerawat. Latihan dan tidur yang cukup akan membantu tubuh kembali menstabilkan hormon.
4. Mencuci wajah dengan air hangat
Jerawat bisa timbul karena kotoran yang mengendap di pori-pori. Air hangat akan membuat pori-pori terbuka untuk sementara, sehingga sabun pembersih Anda dapat membersihkan kulit wajah secara maksimal. Setelah bersih, cucilah muka lagi dengan air dingin, sehingga pori-pori menutup kembali.
5. Makanan dan polusi
Makanan yang kurang bersih dan polusi yang sering kita temui setiap hari dapat menjadi racun dan merangsang perkembangan jerawat di kulit. Untuk membuang racun (detoksifikasi) secara alami, perbanyak minum air. Penumpukan racun dalam tubuh akan keluar lewat kotoran dan keringat, sehingga jerawat tidak akan muncul.
Cegah kemunculan jerawat dengan menerapkan gaya hidup sehat. Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan? Jika jerawat tidak kunjung sembuh sebaiknya berkonsultasi ke dokter atau di-amplas saja


Berikut ini beberapa bahan herbal dan alami yang manjur untuk pengobatan gusi bengkak secara tradisional :
1. Daun Sirih
Daun sirih adalah antiseptik alami yang memiliki manfaat untuk membantu penyembuhan gusi bengkak lebih cebat. Daun ini selain mudah didapat, juga sangat ampuh dan manjur untuk mengobati gusi bengkak. Cara penggunaanya : Ambil beberapa lembar daun sirih, cuci sampai bersih, lalu rebus sampai mendidih. Setelah hangat-hangat kuku, gunakan air rebusan tadi untuk berkumur, 2-3 kali sehari.
2. Daun Cabe Rawit
Daun ini juga dipercaya sebagai salah satu obat gusi bengkak alami yang manjur. Cara menggunakannya cukup mudah, ambil beberapa lembar daun cabe rawit, cuci sampai bersih, lalu diremas/ditumbuk sampai halus. Setelah itu campur dengan beberapa tetes air supaya sedikit encer. Kemudian gunakan ramuan alami tersebut sebagai obat luar pada bagian pipi yang bengkak.
Selain 2 bahan diatas, masih ada banyak ramuan herbal lain yang bisa dipakai untuk mengobati gusi bengkak. Akan tetapi, kami tidak menuliskan semuanya karena yang tersebut diatas adalah yang paling mujarab dan manjur. Untuk hasil maksimal, 2 bahan alami diatas bisa dikombinasikan karena yang satu sebagai obat kumur, dan yang kedua berfungsi sebagai obat luar.
Namun, jika gusi anda masih bengkak dan tidak kunjung sembuh, lebih baik anda segera berkonsultasi pada dokter langganan. Ini adalah cara terakhir untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.


Selamat siang sahabat Mobile Blog dan selamat beraktifitas. Percayakah Anda bahwa beberapa kegiatan yang sepele dalam keseharian Anda bisa membantu menjaga kesehatan tubuh Anda? Memang tidak semua kebiasaan kecil yang Anda lakukan bisa memiliki manfaat khusus bagi kesehatan. Namun perhatikan kebiasaan berikut yang secara mengejutkan bisa menyehatkan Anda.
Menjaga tubuh tetap fit tentu bukanlah hal mudah. Tetapi ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat tubuh Anda tetap fit. Menggaruk, berciuman bahkan berteriak bisa membantu Anda tetap sehat, namun tentu, kebiasaan yang dilakukan ini bisa memberikan manfaat jika dilakukan secara alami.
Menggaruk
Menggaruk bagian tubuh yang gatal terasa seperti surga, secara ilmiah telah diteliti danterbukti bahwa tindakan ini menutup semua perasaan tidak menyenangkan lainnya dan kenangan, membuat kegiatan ini semaca terapi bagi mental Anda. Juga, ketika kita menggaruk, sel-sel mati pada kulit akan hilang, sehingga memungkinkan sel-sel kulit baru untuk regenerasi.
Berciuman
Kita semua tahu bahwa berciuman merupakan ungkapan cinta dan nafsu. Apa yang kita tidak tahu adalah bahwa berciuman dapat disamakan dengan joging atau berjalan lambat di gym untuk membakar jumlah kalori yang sama. Bahkan, para ilmuwan juga telah membuktikan bahwa bertukar napas saat berciuman bisa mengeluarkan bahan kimia dan men-transfer air liur tertentu untuk tubuh masing-masing bisa menyehatkan.
Berteriak
Saat Anda berteriak dan mengeluarkan kemarahan, Anda mungkin akan mengeluarkan beragam kata-kata dari pikiran Anda dengan acak. Secara tidak langsung, kegiatan ini membantu otak menjadi lebih kreatif bahkan meningkatkan memori.


5 Tips Menyimpan Makanan di Kulkas


Tips 1:
Pastikan agar suhu freezer berkisar pada 5 derajat celcius. Pada suhu ini bahan makanan yang disimpan akan lebih awet karena mencegah penyebaran bakteri. Menyimpan daging di suhu ini akan membuatnya lebih awet dan usia pakainya lebih panjang.
Tips 2:
Bersihkan freezer secara rutin untuk menghindari aroma busuk dan bakteri jahat. Gunakan baking soda untuk membersihkan bagian yang bernoda.
Tips 3:
Rak di bawah freezer adalah rak terdingin kedua setelah freezer, sehingga bahan makanan yang cocok disimpan di rak ini adalah susu, ikan, dan bahan lain yang membutuhkan suhu dingin agar tidak mudah basi.
Tips 4:
Rak di bagian pintu adalah bagian kulkas yang paling hangat. Setiap dibuka, bagian tersebut akan menyentuh udara yang lebih hangat. Barang yang bisa disimpan di sini adalah: bumbu kering, minuman, telur, permen.
Tips 5:
Sayur dan buah-buahan memiliki kelembaban yang berbeda-beda. Lebih baik pisahkan antara sayuran dan buah-buahan, sehingga tidak mempengaruhi tingkat kematangan masing-masing.
Umumnya, buah mengeluarkan asam yang membuat sayur akan lebih matang. Jadi, agar sayur tidak lekas busuk, pisahkan sayur dari buah-buahan.
Selain itu, penting untuk menjaga kebersihan kulkas setiap harinya. Cuci bersihbahan yang hendak dipakai sebelum disimpan di kulkas. Serta simpan di dalam tupperware bahan-bahan makanan yang mengeluarkan aroma tajam.


Pisang merupakan buah yang mudah didapatkan dan harganya murah, dibalik harganya yang murah dan enak ternyata pisang sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan kamu.
1. Menyehatkan saluran cerna
Pisang mengandung serat, karbohidrat yang membantu mengatur sistem pencernaan tubuh dengan membantu mempertahankan gerakan usus tetap teratur. Pisang juga mengandung pektin, yang membantu untuk meningkatkan pencernaan secara keseluruhan dan mencegah sembelit. Tidak hanya itu, pisang juga memiliki efek antasid, yang membantu mencegah kekambuhan penyakit maag. Rutin makan pisang juga membantu mengurangi risiko kanker lambung. Jika Anda memiliki masalah pada lambung, cobalah tambahkan pisang ke dalam menu diet Anda, untuk membantu mengatasi masalah pencernaan.
2. Sumber kalium terbaik
Makan pisang adalah cara termudah untuk tubuh kita memeroleh kecukupan potasium. Kandungan potasium pada pisang memberikan efek menenangkan pada pikiran yang sedang suntuk. Tingkat stres yang tinggi cenderung akan menguras kadar potasium dalam tubuh manusia. Dengan makan pisang, kita dapat membantu menjaga keseimbangan potasium dalam tubuh yang disebabkan stres.
3. Meningkatkan fungsi ginjal
Potasium pada pisang memiliki efek samping yang baik bagi ginjal. Ketika tubuh Anda mendapatkan cukup potasium, tubuh akan mengontrol pengeluaran kalsium dalam urin. Kondisi ini akan membuat ginjal Anda tetap berfungsi baik, di samping juga mengurangi risiko batu ginjal. Perlu diketahui bahwa pisang memiliki tingkat senyawa fenolik antioksidan yang tinggi, yang berperan membantu melindungi ginjal.
4. Memperkuat tulang
Pisang memiliki kandungan prebiotik yang disebut fructooligosaccharide. Fructooligosaccharide memungkinkan tubuh kita untuk menyerap nutrisi lebih mudah. Hal itu berarti bahwa pisang akan membantu tubuh Anda menyerap kalsium, sehingga memberikan Anda dengan tulang yang kuat. Bahkan, kandungan potasium pada pisang dapat membantu mencegah hilangnya kalsium, yang berarti bahwa Anda memiliki risiko lebih rendah untuk terserang osteoporosis di kemudian hari.
5. Turunkan tekanan darah
Dokter sering menganjurkan pasien dengan tekanan darah tinggi (hipertensi) untuk menambahkan lebih banyak pisang kedalam diet mereka. Mengapa? Karena kadar kalium yang tinggi dan sodium yang rendah dalam pisang merupakan kombinasi yang bagus untuk mencegah tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko stroke.
6. Meningkatkan energi
Pisang kaya kandungan karbohidrat sehat yang berperan membantu meningkatkan energi. Makan pisang saat sarapan atau setelah latihan yang berat dapat menjadi caraterbaik untuk meningkatkan energi tanpa harus mengonsumsi minuman manis.
7. Menyehatkan pengelihatan
Makan pisang setiap hari dapat memberikan manfaat besar bagi penglihatan. Makan sedikitnya tiga porsi buah per hari dapat menurunkan resiko gangguan pengelihatan yang terkait dengan usia atau biasa disebut degenerasi makula. Seseorang yang mengonsumsi tiga atau lebih porsi buah per hari 36 persen lebih rendah untuk menderita degenerasi makula daripada mereka yang mengkonsumsi kurang dari 1,5 porsi sehari. Tidak pernah ada kata terlambat untuk mulai mengonsumsi pisang untuk mencegah kehilangan penglihatan lebih lanjut.
Kata-kata Hari Ini :
Kemakmuran adalah guru yang baik, namun kesulitan dan kekurangan adalah guru yang jauh lebih baik. -William Hazlitt

 


No comments: