Welcome Selamat Datang di My Blogspot http://pangearunbiru.blogspot.com/?m=0

Thank you dr. Salk & google

Ada sekumpulan anak-anak yang ceria serta orang tua yang sedang bermain di dekat seorang dokter. Salah seorang anak ada yang mengangkat kertas yang bertuliskan “THANK YOU DR. SALK”. Lalu apa atau siapa sebenarnya dr. Salk?

Dr. Jonas Salk. Tahun 1952 di Amerika terdapat sebanyak 58 ribu kasus Polio dan kebanyakan yang terserang adalah anak-anak. Namun virus mengerikan ini akhirnya dapat di cegah setelah penemuan Vaksin Polio oleh seorang Virolog Yahudi bernama Jonas Salk pada tahun 1955.

Pria bernama lengkap Jonas Edward Salk ini lahir pada tanggal 28 Oktober 1914 di New York, Amerika Serikat. Orang tua Salk adalah imigran Yahudi asal Rusia atau biasa disebut Ashkenazi Jewish. Jonas Salk kecil tumbuh dan dididik dalam budaya Yahudi.

Saat berusia 12 tahun Salk menempuh pendidikan di Townsend Harris High School, yakni sebuah sekolah khusus untuk anak-anak cerdas. Kemudian ia melanjutkan kuliah di City College New York dan pada puncak krisis “Depresi Besar” melanda New York dia berhasil mendapat gelar Bachelor of Science.

Namun Salk keluar dari perkumpulan rekan-rekan sebayanya karena ia lebih unggul akademisnya serta keinginannya untuk melakukan eksperimen medis secara mendalam. Salk tidak tertarik untuk menjadi dokter praktek seperti yang di cita-citakan rekan-rekannya.

Pada tahun 1947, Jonas Salk memutuskan untuk menjalankan laboratorium yang merupakan sumbangan dari William McEllroy, seorang Dekan di University of Pittsburgh School of Medicine.

Sebelum meneliti Virus Polio, awalnya ia meneliti virus Influenza yang mewabah pada saat Perang dunia pertama. Sembari bekerja di laboratoriumnya, Salk sedikit demi sedikit mengembangkan vaksin yang mampu melawan Virus Polio. Pengujian-pengujian di lapangan kerap kali dilakukannya. program tersebut melibatkan kurang lebih 20.000 dokter praktis serta ahli-ahli kesehatan masyarakat, 64.000 pegawai sekolah dan 220.000 sukarelawan.

Jonas Salk akhirnya menemukan cara untuk melawan Virus Polio yaitu dengan menggunakan Virus juga, inilah yang kemudian disebut Vaksin Polio. Bahan Antigenik dari Vaksin menghasilkan kekebalan yang aktif terhadap suatu penyakit sehingga dapat mencegah serta mengurangi infeksi dari organisme.

Percobaan pertama digunakan kepada hewan di laboratoriumnya dan berhasil. Namun di percobaan kedua, ia sempat kebingungan siapa yang akan mencoba Vaksin Polio tersebut. Akhirnya Salk memutuskan untuk menjadi kelinci percobaan dan mencoba Vaksin itu sendiri bersama istri dan anak-anaknya. Sebelum keluarga Salk menerima Vaksin, terlebih dulu diberikan kepada beberapa.

Setelah selesainya percobaan terhadap relawan lain, pada tanggal 22 April 1955, Dr. Thomas Francis dari University Michigan menyatakan bahwa Vaksin temuan Jonas Salk aman dan sangat efektif digunakan. Jonas Salk tidak pernah mematenkan Vaksin hasil temuannya karena ia menganggap bahwa Vaksin ini adalah milik semua orang, seperti matahari.

Pada tahun 1963 Jonas Salk juga mendirikan The Jonas Salk Institute for Biological Studies, di La Jolla yang saat ini berkembang menjadi pusat penelitian medis dan sains.

Seluruh karya-karya penelitian Salk ditulis olehnya sendiri yang dikemas dalam buku-buku, diantaranya adalah Man Unfolding tahun 1972, The Survival of the Wisest tahun 1973, A New reality tahun 1981, dan Anatomy of Reality tahun 1983.

Jonas Salkmeninggal pada tanggal 23 Juni 1995, di La Jolla, California, saat itu ia berusia 80 tahun. Jasadnya dimakamkan di El Camino Memorial Park, San Diego.
............................
Perusahaan jasa dan produk internet yang bermula dari mesin pencari (search engine) ini kini telah memasuki usianya ke-16 setelah didirikan pada tanggal 27 September, 16 tahun silam. Kini Google bukan saja dikenal sebagai mesin pencari, tetapi sebuah raksasa internet dunia yang telah menelurkan banyak produk layanan internet yang cukup banyak

Gagasan lahirnya Google dimulai dari pemikiran dua mahasiswa Stanford University, California, Amerika Serikat, yakni Larry Page dan Sergey Brin. Keduanya lantas menggandeng seorang pebisnis handal, Eric Schmidt, untuk bersama-sama membesarkan Google sebagai perusahaan yang berbasis pada teknologi, khususnya layanan jasa dan produk internet.

Google tercatat sebagai perusahaan swasta resmi pada tanggal 4 September 1998. Namun para pendiri Google memutuskan untuk menjadikan tanggal 27 September sebagai hari lahir Google sejak tahun 2005. Kini raksasa internet asal Amerika Serikat itu telah mempekerjakan puluhan ribu karyawan yang tersebar di berbagai negara.

Berawal dari sebuah mesin pencari, Google Search, kini Google telah menelurkan banyak produknya yang lain seperti Google Maps, Google Earth, dan Google Email (G-Mail), jaringan produk yang dinaungi Google saat ini telah berkembang luas. Di sektor periklanan, misalnya, ada Google Adsense dan Google Adwords. Belum lagi jenis produk Google lainnya seperti Google Drive, Google Docs, Google Chrome, Google Video, Google Analytics, dan masih banyak yang lainnya.

Kini Google bisa dikatakan sebagai raksasa internet yang paling kokoh di dunia cyber.
....................

No comments: