Welcome Selamat Datang di My Blogspot http://pangearunbiru.blogspot.com/?m=0

Do'a

#####Do'a Mempermudah Melahirkan
Jika ada seorang yang hamil dan akan melahirkan agar diberi kemudahan  dalam proses persalina ,maka hendaklah di perbanyak membaca do'a sebagai berikut :

حنة ولد ت مريم  ومريم ولدت عيشى أخرج ايها المولود بقدرة الملك المعبود

"Hannatu waladat maryama wa maryamu waladat 'iysa ukhruj  ayyuhal mauluudu biqudratil malikil ma'buudi"
tiupkan ke air putih minumkan ke orang yang akan melahirkan.

#####Do'a Akan Tidur
21 X بسم الله الرحمن الرحيم

 بسمك اللهم احيا وبسمك امو

BISMILLAHIRRAHMAANIR RAHIIM  X21
BISMIKALLAHUMMA AHYA WABISMIKA AMUUT

#####Do'a Setelah membaca Al-Qur’an
اللهم ارحمنى بالقرأن واجعله لى إماما و نـورا و هدى ورحـمة. اللهم ذكرنى منه ما نسـيت وعلمني منه ما جهلت وارزقنى تلاوته أناء الليل و أطراف النهار واجعله لى حجة يا رب العالمـين
“Allahummar hamnii bil qur’aan waj’alhu lii imaamaaw wa nuuraw wa hudaw wa rahmah. Allahumma dzakkirnii minhumaa nasiita wa ‘alimna minhuma jahiltu wardzuknii tilaawatahu anaa allayli wa athraafan nahaari waj’alhulii hujjatallana laa hujjata yaa rabbil ‘aalamiin..”

“Ya Allah, rahmatilah aku dengan (barakah) Al-Quran. Jadikanlah ia pimpinan bagiku, cahaya, petunjuk dan rahmat. Ya Allah, ingatkanlah aku dengan (melalui) Al-Quran apa-apa yang aku terlupa; ajarkan kepadaku melaluinya apa-apa yang aku tidak tahu; berilah aku kefahaman dari pembacaannya pada waktu malam dan tepian siang. Jadikanlah dia bagiku hujjah, Ya Tuhan semesta alam.” (H.R. Abu mansyur dari Abi Dzar )

#####SUJUD SYUKUR DAN DO'ANYA
Sujud syukur adalah sujud yang dilakukan karena mendapatkan kenikmatan atau terhindar dari musibah.Metodenya adalah ,niat sujud syukur sambil membaca takbir ( takbirotul ikrom ) dan mengankat kedua tangan ,kemudian membaca takbir lagi lalu sijud sambil bero'a ,selesai membaca do'a sujud syukur kemudian bangkit lagi dari sujud sambil membaca takbir,duduk,kemudian salam.Lafadz niat sujud syukur adalah :
نَوَيْتُ سُجُوْدَ الشُّكْرِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالىَ

" Nawaitu sujudal Asyukri sunatan Lillahita'ala"
Menurut sebagian ulama',saat sujud syukur disunahkan membaca do'a :

اَللَّهُمَّ اكْتُبْ لِى بِهَا عِنْدَكَ اَجْرًا وَجَعَلْهَا لِى عِنْدَكَ ذُخْرًا وَضَعْ عَنِّى بِهَا وَزْرًا

وَاَقْبَلَهَا مِنِّى كَمَا قَبَلْتَهَا مِنْ عَبْدِكَ دَاوُدَا عَلَيْهِ السَّلَامْ

" Allahumma uktub lii bihaa 'indhaka ajron waj'al lii 'indhaka 

#####DO’A DAN NIAT MENGELUARKAN ZAKAT
Lafadz niat zakat untuk diri sendiri :

نويت ان اخرج زكا ة الفطر عن نفس فرضا لله تعلى

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITRI 'AN-NAFSI FARDLO LILLAHITA'ALA

Jika zakat dikeluarkan atas nama orang lain ,maka lafadz nafsy (نفس ) diganti sesuai dengan nama orang yang dizakati ,misalnya : Ayah,,Istri,anak ,zaid ( seseorang yang bernama zaid yang dimaksudkan.dan disunahkan membaca do’a :

ربنا تقبل منا انك انت السميع العليم

ROBBANAA TAQOBBAL MINNAA INNAKA ANTAS SAMII'UL 'ALIIM

Salam Ketika Sampai Di Makam Auliya'
" ASSALAMU'ALAIKA YAA WALIYAALLAH....................(Sebutkan ahli makam yang kita tuju) SHOHIBUL KAROMAH . JIKNAKA ZAAIRIN, WA'ALA MAQOMIKA WAAKIFIIN. 'AU DA'NA INDAKA SYAHADATA 'ALA ILLAHAILLALLAH WA ANA MUHAMMADAROSULULLOH"

#####Wirid untuk mencukupi keperluan kita
Untuk mencukupi keperluan kita disamping usaha lahir ,maka perlu juga usaha batin dengan memperbanyak membaca wirid berikut :

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

"Hasbunallah wanikmal wakil"

"Cukuplah Allah bagi kami, dan Allah adalah sebaik-baik pelindung?. (Ali Imran, 173)

Sebagaimana firman Allah.

وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللهِ فَهُوَ حَسْبُهُ

Dan siapa yang bertawakkal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluannya). (QS ath-Thalâq [65]: 3)

#####Do'a Agar Mudah Melahirkan
لا اله الا انت سبحانك اني كنت من الظالمين

Laa ilaaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzoo limin

Bagi wanita yang lagi hamil perbanyaklah membaca do'a diatas ,fadhilahnya untuk memudahkan ketika melahirkan.
Ijazah dari Alhabib Musthafa Alidrus Pekalongan

#####SHOLAWAT ‘AZHIMIYAH
“AullooHumma innii as-aluka binuuri wajHillaaHil ‘azhiim. Alla dzii mala-a
arkaana ‘arsyillaaHil ‘azhiim. Wa Qoomat biHii ‘awaalimullooHil ‘azhiim.
An tusholliya ‘alaa mawlaanaa Muhammadin dzil Qodril ‘azhiim. Wa ‘alaaaali NabiyyillaaHil ‘azhiim. Bi Qodri ‘azhomati dzaatillaaHil ‘azhiim. Fii kulli
lamhatiw wanafasin ‘adada maa fii ‘ilmillaaHil ‘azhiim. Sholaatan daa imatan bi dawaamillaaHil ‘azhiim, ‘Ta’ zhiiman lihaQQika yaa mawlaanaa
yaa sayyidanaa Muhammadaan yaa dzal makhluQil ‘azhiim. Wasallim
‘alayHi wa ‘alaa aaliHii mits-la dzaalika waj ‘ma’ baynii wa baynaHu kamaa ja ‘ma’ ta baynarruuhi wan nafsi zhooHiroon wa baathinan yaQo
zhotan wa manaamaan. Waj ‘alHu yaa Robbi ruuhaan li dzaatii min jamii
‘il wujuuHi fiddunyaa wal aaakhiroti yaa ‘azhiim”.

Sholawat Azimiyah ini dikarang oleh Sayyid Ahmad bin Idris, yaitu seorang ulama yang mempunyai ThoriQoh Idrisiyyah. Faidahnya besar sekali, bagi siapa saja yang mau mengamalkannya setiap hari sehabis solat fardhu atau pada waktu-waktu tertentu lainnya minimal 1x, maka Allah bakal memberi kekeramatan kepadanya. Di antaranya, apabila mati, maka liang kuburnya dilapangkan dan disinari dengan lampu dari surga

#####Sujud Tilawah Dan Do'anya
Sujud tilawah adalah sujud yang dilakukan karena membaca atau mendengar ayat-ayat sajdah.Bagi orang yang membaca atau mendengar ayat sajdah disunahkan melakukan sujud tilawah dengan metode :

* Jika didalam sholat ,maka ketika sampai ayat sajdah supaya turun dari berdiri untuk mengerjakan sujud,dan setelah selesai maka sholat dilanjutkan kembali ,Sujid tilawah yang dilakukan pada saat sedang sholat itu tidak memakai takbirotul ihrom dan salam.Dan bagi ma'mum tidak boleh mengerjakan sujud tilawah kalau imamnya tidak mengerjakan ,sekalipun ma'mum mendengar atau ayat-ayat sajdah.

* Jika diluar sholat,maka ketika sampai ayat sajdah,niat sujud tilawah sambil membaca takbirotul ihrom dan mengangkat kedua tangan ,membaca takbir lagi lalu sujud,selesai membaca do'a sujud tilawah kemudian bangkit dari sujud sambil membaca takbir,duduk,kemudian salam.Ketika membaca takbirotul ihrom yang disertai niat sujud tilawah tidak harus berdiri.

Lafadz niat sujud tilawah adalah :

نَوَيْتُ سُجُوْدَ التِّلاَ وَةَ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى , الله اَكْبَرْ

"Nawaitu sujuda tilaawati sunatan lillahi ta'ala ,Allohu Akbar"

Bacaan dalam sujud tilawah adalah :

سُبْحَانَ وَجْهِى لِلَّذِى خَلَقَهُ وَصَوَّرَةُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ ,تَبَارَكَ اللهُ اَحْسَنَ الْخَالِقِيْنَ

" Sajada wajhi lilladzi qolaqohu washowwarohu washaqqo sam 'ahu wabashorohu bikhauwlihi waquwwatihi,tabaarokallohu akhsanal qooliqiina "

Ayat-ayat yang mengandung kesunnahan sujud tilawah ada 14 tempat,yaitu  :
1. Surat Al-A'rof      ayat 206
2. Surat Ar-Ro'du    ayat 15
3. Surat An-Nahl     ayat 49
4. Surat Al-Isro'       ayat 107
5. Surat Maryam      ayat 58
6. Surat Al-Hajj       ayat 18
7. Surat Al-hajj        ayat 77
8. Surat Al-Furqon   ayat 60
9. Surat An-Naml     ayat 25
10.Surat As-Sajdah  ayat 15
11.Surat Fushilat       ayat 38
12.Surat An-Najm    ayat 62
13.Surat Al-Insyiqoq ayat 21
14.Surat Al-'alaq       ayat 19

#####Do'a Nabi Khidlir AS

بِسْمِ اللهِ مَا شَاءَ الله لَا قُوَّةَ اِلَّا بِااللهِ مَا شَاءَ الله

كُلُّ نِعْمَةٍ مِنَ اللهِ مَاشَاءَالله

اَلْخَيْرَ كُلُّهُ بِيَدِ اللهِ مَاشَاءَالله

لَا يَصْرِفُ السُّوْءَ اِلَّاالله

Bismillahi maa syaa allah, laa quwwata illa billahi maa syaa allah
kullu ni'matin minallahi maa syaa allah
al-khairu kulluhu biyadillahi maa syaa allah
laa yashrifusuu a illallah

Di baca 3 kali setiap subuh, InsyaAllah aman dari pencurian,kebakaran dan tenggelam

#####Sujud Sahwi dan Do'anya

Sujud sahwi adalah sujud yang dilakukan karena meninggalkan sunnah ab'adl-nya sholat,atau sebab ada keraguan.Tempatnya saat tahiyat akhir ,sebelum salam.Metodenya sama dengan sujud yang lain ,yaitu setelah bacaan tasyahud ,sholawat dan do'a sebelum salam sudah dikerjakan ,kemudian sujud dan membaca tasbih 3 kali,lalu duduk iftirosy diantara 2 sujud, kemudian sujud lagi dan membaca tasbih 3 kali ,dan terakhir  salam.
Bacaan tasbih dalam sujud sahwi adalah :

 سُبْحَا نَ الَّذِيْ لَا يَنَامُ وَلَا يَسْهُو atau سُبْحَا نَ مَنْ لَا يَنَامُ وَلَا يَسْهُو

Subkhana manla yanamu walaa yashhu
atau
Subkhanal ladzi laa yanamu walaa yashhu

#####Fadhilah Sholawat Tibbil Qulub

"ALLAAHUMMA SHALLI 'ALAA SAYYIDINA MUHAMMADIN TIBBIL QULUUBI WADAWAAIHAA WA'AAFIYATIL ABDAANI WASYIFAAIHAA WANUURIL ABSHAARI WADLIYAAIHAA WAQUWWATIL AJSAADI WAL ARWAAHI WAGHIDAA IHA WA'ALAA AALIHI WASHAHBIHI AJMA'IIN"
Artinya :
Ya Allah curahkanlah rahmat kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya dan sebagai penyinar penglihatan mata  beserta cahayanya dan merupakan makanan pokok jasmani maupun rohani, Semoga sholawat dan salam tercurahkan pula kepada keluarga serta para shahabat-shahabatnya.

Fadhilah dan Khasiat Sholawat Tibbil Qulub :
Untuk menyembuhkan penyakit perut, sholawat ini dibaca 7 x, tiap-tiap satu kali ditiupkan pada satu gelas air kemudian diminum. Atau sholawat ini dibaca 7 x tiap kali membaca dituipkan pada telapak tangan kemudian diusapkan pada perut yang sakit, Insya Allah akan segera sembuh dengan ijin Allah. Untuk hati yang sempit was-was dan bingung alias sumpek bacalah sholawat ini sebanyak-banyaknya, agar kita dijauhkan dari berbagai penyakit bacalah sholawat ini sebagai wirid setelah shalat maktubah (shalat fardlu) Insya Allah akan terhindar dari segala macam penyakit.

#####AYAT KURSI SEBAGAI BENTENG

255. Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk     dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya.i[161] Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. Dalam surat ini oleh sebagian mufassirin diartikan dengan ilmu Allah dan ada pula yang mengartikan dengan kekuasaan-Nya.

Kandungan Ayat
Ayat kursi ini mengandung banyak keutamaan bahkan setiap katanya banyak sekali arti yang luas. Namun kandungan yang paling penting antara lain:

·  Ayat Kursi salah satu agung dan ayat mulia dalam Al-Qur’an, karena secara umum memuat banyak sekali asma-asama (nama-nama) Allah dan sifat-sifat Allah yang mulia.
·  Tidak ada satupun tindakan yang tidak diketahui Allah sekecil apapun perbuatan itu. Konsekuensi ayat ini adalah bahwa setiap muslim harus benar-benar menjaga setiap gerak langkahnya. Karena apapun yang dilakukannya dari mulai bangun hingga kembali memejamkan mata ada balasan yang akan diperolehnya
·  Keharusan memberikan kualitas pada kehidupan dengan berbagai manfaat. Baik untuk diri sendiri, untuk agamanya, keluarga, masyarakat dan hingga akhiratnya.
·  Apapun bentuk yang terjadi di dunia ini, baik yang menimpa dirinya, pekerjaanya, keluarganya dan lainnya tidak lepas dari takdir dan kekuasaan Allah semata. Dan apapun bentuk perubahan yang dikehendaki manusia tidak lepas dari izin Allah semata. Seperti yang tertuang dalam kalimat:
“Siapakah yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya.”

Keutamaan Membaca Ayat Kursi

·  Nabi Saw pernah, berkata kepada Ubay bin Ka’ab, “Ayat apa yang paling agung di dalam Kitabullah?.”“Aku menjawab, Allah dan Rasul-Nya-lah yang lebih tahu.” Hingga beliau mengulangi pertanyaannya sampai tiga kali, kemudian aku berkata, “Allâhu Lâ ilâha illa huwal Hayyul Qayyûm.” Dia berkata, “Lalu beliau menepuk dadanya sembari berkata, “Semoga ilmumu menjadi ringan, wahai Abul Mundzir!.” (HR.Muslim)
·  Dari Abu Hurairah ra, dia berkata, “Rasulullah Saw menugaskanku untuk menjaga zakat Ramadhan, lalu seseorang datang kepadaku seraya membuang makanan yang ada di tangannya, lantas aku memungutnya sembari berkata, ‘Akan aku laporkan hal ini kepada Rasulullah Saw. Lalu Abu Hurairah menceritakan tentang hadits tersebut, diantara isinya adalah, ‘Beliau bersabda, ‘ Bila engkau akan beranjak ke tempat tidurmu, maka bacalah ayat Kursi karena sesungguhnya ia (dapat menjadikanmu) senantiasa mendapatkan penjagaan dari Allah dan syaithan tidak akan mendekatimu hingga pagi hari.’ Nabi Saw., bersabda kepadanya, “Dia telah berkata jujur padamu padahal seorang pembohong, itulah syaithan.” (HR.al-Bukhari)

Masih banyak hadist lainnya yang menceritakan keutamaa membaca ayat kursi begitu pula dengan penafsirannya.
Sebaiknya ayat kursi di baca setiap kali setelah sholat 5 waktu dan ketika akan tidur.


#####DO'A AKHIR TAHUN DAN FADHILAHNYA
Do'a ini hendaknya dibaca tiga kali pada akhir waktu ashar tanggal 29 atau 30 bulan Dzulhijjah.Fadhilahnya adalah barang siapa membaca do'a ini dalam waktu tersebut maka setan berkata: "Kesusahanlah bagiku,dan sia-sia lah pekerjaanku menggoda anak Adam(manusia) pada tahun ini".
Maka di binasakan lah dengan satu saat saja,sebab membaca do'a ini. Dan dosa-dosanya di ampuni oleh Allah Ta'ala dalam setahun ini.

"Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga rahmat dan salam Allah tetap tercurahkan kepada junjungan kami Nabi Muhammad teriring keluarga serta sahabat beliau. Wahai Tuhanku, apa yang hamba perbuat sepanjang tahun ini berupa perbuatan perbuatan yang Paduka larang hamba melakukannya, sedangka hamba belum bertaubat dari padanya dan Paduka tidak meridhainya dan tidak melupakannya, dan Padukapun telah menyayangi hamba setelah Padukapun kuasa untuk menyiksa hamba, kemudian Paduka menyeru hamba untuk bertaubat setelah hamba bermaksiat kepada Paduka. Karena itu, hamba mohon ampunan dari Paduka, maka ampunilah hamba dengan Anugerah-Mu. Dan apa yang telah hamba kerjakan ditahun ini adalah berupa perbuatan yang Paduka ridhai dan Paduka janjikan pahala atasnya, Hamba mohon pada-Mu wahai Tuhanku, Dzat Yang Maha Mulia, yang memiliki Kebesaran dan Kemuliaan, agar Paduka terima amalan hamba dan jangan hendaknya Paduka putuskan harapan hamba dari-Mu, wahai Dzat Yang Maha Mulia. Semoga rahmat dan salam Allah tetap tercurahkan kepada junjungan kami Nabi Muhammad teriring keluarga serta sahabat beliau."

#####DO'A AWAL TAHUN DAN FADHILAHNYA

Do'a awal tahun ini hendaknya di baca tiga kali setiap tanggal 1 Muharram pada petang hari sehabis shalat magrib.Barangsiapa membacanya, maka Allah akan memberikan perlindungan dan pertolongannya dari segala macam bencana dan godaan setan.Sehingga dalam tahun itu akan membawa perubahan,kebahagiaan dan ketentraman lahir & bathin.Allah juga mengutus dua malaikat yang selalu menyertainya, agar tidak terjerumus ke dalam tipu daya setan dan terhindar dari fitnahnya,serta nafsu angkara murka yang dapat membawakepada kehancuran dirinya.

Bismillaahirohmaanirrohiim. wa shollalloohu 'alaa sayyidinaa muhammadin wa 'alaa aalihi wa shohbihii wa sallama. Allohumma antal abadiyyul qodiimul awwalu wa 'alaa fadhlikal 'adliimi wujuudikal mu'awwali wahaadza'aamunjadiidun qod aqbala nas-alukal 'ishmata fiihi minasysyaithooni wa auli yaa-ihi wa junuudihi wal 'auni 'alaa haadzihil ammaaroti bissuu-i wal istighooli bimaa yuqorribunii ilaika zulfa yaa dzal jallali wal ikroom. wa shollalloohu 'alaa sayyidinaa muhammadin wa 'alaa aalihi wa shohbihii wa sallama.

"Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga rahmat dan salam Allah tetap tercurahkan kepada junjungan kami Nabi Muhammad teriring keluarga serta sahabat beliau. Wahai Tuhanku, Paduka adalah Dzat Yang Maha Kekal, dahulu dan Awal. Hanya denga anugrah dan kemurahan-Mu yang agung, telah datang tahun baru. Di tahun ini kami memohon pemeliharaan-Mu dari Syetan, kekasihnya dan balatentaranya, dan kami memohon pertolongan-Mu atas hawa nafsu yang mengajak kepada kejelekan, dan kami memohon kesibukan dengan perbuatan yang dapat mendekatkan diri kami kepada-Mu wahai Dzat yang memiliki kebesaran dan kemuliaan. Semoga rahmat dan salam Allah tetap tercurahkan kepada junjungan kami Nabi Muhammad teriring keluarga serta sahabat beliau."

Aamiin ya robbal 'alamiin...Doa akhir tahun dibaca selesai ashar dan doa awal tahun dibaca selesai maghrib...

sumber: buku majmu syarif..muhammad iqbal al-abror

#####Sholat Tahajjud
Diposkan oleh ABDULLAH di 13.35 Label: sholat sunat
Waktunya : Setelah sholat Isya' sampai terbit fajar
Syaratnya : Dilakukan Setelah tidur
Rokaatnya : Minimal 2 rokaat ,maksimal tidak terbatas
Metodenya : Setiap 2 rokaat salam,adapun surat yang dibaca bebas,namun lebih baik untuk rokaat pertama setelah membaca surat Al-Fatihah membaca surat Al-Kafirun dan rokaat kedua surat Al- Ikhlas
 Niat sholat tahajut adalah :
 اصلى سنة التهجد ركعتين  لله تعلى الله اكبر

Usholli sunnata at-tahajudi rokataini lillahi ta'ala ,Allohu Akbar

No comments: