Welcome Selamat Datang di My Blogspot http://pangearunbiru.blogspot.com/?m=0

Hamil

Fase Perubahan tubuh wanita saat hamil secara normal dari waktu ke waktu:

*Usia Kehamilan Minggu ke 1 – 4

Usia kandungan seorang wanita biasanya dihitung dari terakhir kali haid. Jika Ada telah merasa ada ciri-ciri wanita hamil maka segeralah periksakan diri ke bidan atau dokter kandungan terpercaya untuk memastikan. Atau biasanya seorang wanita yang tidak merasa ada tanda kehamilan akan memeriksakan diri ketika terlambat datang bulan. Jika demikian artinya usia kandungan Anda sudah satu bulan alias 4 minggu.

Pada usia kandungan yang masih satu bulan tersebut belum ada perubahan yang signifikan. Masih normal seperti biasanya, hanya mungkin ada sedikit rasa yang berbeda

*Usia Kehamilan Minggu ke 4 – 6

Bagian payudara akan terasa nyeri sebab pada saat itu hormon mulai mempersiapkan diri untuk menyusui bayi. Terkadang terasa gatal, pembesaran mulai terjadi sedikit demi sedikit , terlihat jelas pembuluh darah dan berwarna kebiruan.

*Usia Kehamilan Minggu ke 8

Anda akan merasa mual, lelah, dan ingin tidur seharian pada waktu-waktu tertentu. Jika terjadi demikian tak perlu khawatir, penuhi apa yang diinginkan oleh tubuh, kelelahan tersebut hanya sementara. Sebagian wanita bahkan mengalami mual yang cukup parah, terlebih saat melihat barang-barang yang sehari-hari dilihatnya.

*Usia Kehamilan Minggu ke 10 – 12

Ukuran rahim mulai membesar. Pada usia 10 minggu, rahim membesar sebesar buah jeruk tapi belum terasa pada tulang panggul Anda. Payudara akan semakin membesar. Anda akan merasa ada tonjolan kecil pada usia kandungan 12 minggu. Perubahan warna pada bagian payudara bagian bawah perut dan sekitar alat vital mulai tampak lebih hitam.

*Usia Kehamilan Minggu ke 14 – 16

Perut mulai membesar dan mulai muncul stretch mark (garis-garis putih akibat pembesaran perut). Pada sebagian wanita, gejala morning sickness akan berkurang. Tapi ada juga yang masih tetap mual pada usia kandungan minggu ke 14. Plasenta sudah terbentuk pada minggu 16 dan rongga rahim sudah terisi cairan amnion (cairan ketuban). Sebaiknya kenakan pakaian khusus ibu hamil pada usia ini.

*Usia Kehamilan Minggu ke 18 – 20

Wajah akan terlihat memerah karena aliran darah lebih banyak untuk kebutuhan bayi. Usia ini memang usia keemasan dalam proses kehamilan. Usia yang paling ditunggu seorang ibu muda, Anda sudah mulai merasa gerakan si kecil dalam rahim. Akan tetapi gerakan tersebut masih kecil, belum berupa tendangan

*Usia Kehamilan Minggu ke 22 – 24

Bagian dalam rahim akan menonjol sejajar dengan pusar. Pada saat itu kerja jantung meningkat hingga 40%. Berat badan ibu hamil sudah kian meningkat seiring semakin besarnya si kecil dalam kandungan. Keterikatan emosional antara sang ibu dan bayi juga meningkat

*Usia Kehamilan Minggu ke 26 – 28

Berat bayi semakin meningkat sehingga menekan kandung kemih dan berakibat Anda akan sering ke toilet. Perbanyak minum air dan jangan ditahan ketika kebelet buang air kecil. Pada minggu ke 28 kolostrum sudah keluar tapi jangan khawatir hal itu masih wajar untuk mempersiapkan ASI untuk si kecil. Berat Anda semakin meningkat.

*Usia Kehamilan Minggu ke 30

Tubuh sudah mulai terbebani, Anda akan merasa cepat lelah ketika berjalan jauh ataupun menaiki tangga. Bagian kaki membesar dipenuhi cairan. Jangan panik, karena itu biasa terjadi pada ibu hamil saat kandungan mulai membesar. Jika kaki hanya membesar tidak terasa sakit apapun, itu lumrah.

*Usia Kehamilan Minggu ke 32

Tekanan dalam rahim ke arah diafragma akan menyebabkan Anda terasa terbakar dibagian ulu hati. Cobalah untuk makan dengan porsi kecil dan untuk mengurangi rasa sakit cobalah angkat kedua lengan setinggi kepala untuk memperluas ruang.

*Usia Kehamilan Minggu ke 36 – 38

Nafsu makan ibu hamil mulai berkurang seperti saat trimester pertama. Besarnya rahim akan menekan lambung sehingga nafsu makan berkurang. Jika bayi cegukan, Anda mungkin bisa merasakan karena posisi bayi sudah menetap. Pada saat itu tendangan si kecil akan terasa hingga terlihat dibagian luar. Tubuh ibu hamil sudah siap menjalani proses persalinan.

Usia Kehamilan Minggu ke 40

Waktu yang mendebarkan bagi wanita hamil, terutama jika kehamilan Anda yang pertama kali. Persiapkan segala hal kemungkinan yang akan terjadi pada saat proses persalinan kelak. Peran suami sangat penting untuk memantapkan ibu hamil.

No comments: