Welcome Selamat Datang di My Blogspot http://pangearunbiru.blogspot.com/?m=0

Nitrous oxide (NOS) dengan Nitro Meth ,info "Drag Bike"

Nitrous oxide (NOS) dengan Nitro Meth
 Nitrous oksida, umumnya dikenal sebagai tertawa udara gas atau manis,adalah senyawa kimia dengan rumus N2O. Ini adalah oksida nitrogen. Pada suhu kamar, itu adalah tidak berwarna, tidak mudah terbakar gas, dengan bau yang sedikit manis dan rasa. Hal ini digunakan dalam operasi dan kedokteran gigi untuk efek anestesi dan analgesik. Hal ini dikenal sebagai "gas ketawa" karena efek euforia menghirup itu, sebuah properti yang telah menyebabkan penggunaan rekreasi sebagai anestetik disosiatif. Hal ini juga digunakan sebagai oxidizer dalam peroketan dan di motor balap untuk meningkatkan output daya mesin. Pada temperatur tinggi, asam nitrat adalah oksidator kuat yang sama seperti molekul oksigen.

Nitrous oksida menimbulkan NO (nitrit oksida) pada reaksi dengan atom oksigen, dan ini pada gilirannya NO bereaksi dengan ozon. Akibatnya, itu adalah regulator alami utama ozon stratosfir. Ini juga merupakan gas rumah kaca utama dan polutan udara. Dianggap selama periode 100-tahun, ia memiliki dampak yang 298 kali lebih 'per unit berat' (potensi pemanasan global) dari karbon dioksida.

Nitromethane merupakan senyawa organik dengan rumus kimia CH3NO2. Ini adalah organik paling sederhana nitro majemuk. Ini adalah cair, sedikit kental yang sangat polar umum digunakan sebagai pelarut dalam berbagai aplikasi industri seperti di ekstraksi, sebagai media reaksi, dan sebagai pembersihan pelarut. Sebagai perantara dalam sintesis organik, digunakan secara luas dalam pembuatan obat-obatan, pestisida, bahan peledak, serat, dan coating. Hal ini juga digunakan sebagai bahan bakar balap di balap drag Bahan Bakar Top, dan sebagai komponen penting dalam bahan bakar untuk miniatur mesin pembakaran dalam yang digunakan dalam model radio kontrol. 


 Info;
 Teknik Bikin "Drag Bike"
Drag bike yang sedang ngetren dan banyak wadah untuk balapan, membuat penyuka kecepatan dan bengkel ingin berpartisipasi. Kenyataannya, drag bike tidak hanya dipakai untuk balap, juga sekadar penampilan sehari-hari. Alhasil, sepeda motor standar pun siap berubah wujud jadi lebih kerempeng, ciri khas sepeda motor kencang itu.

Menurut Harri Novrian, pemilik bengkel drag bike di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, spesifikasi drag bike di Indonesia termasuk minimalis. Tidak perlu canggih seperti di luar negeri. ”Kalo boleh dibilang, sepeda motor diubah seringan mungkin. Bagian yang ntidak penting, dibuang saja supaya nggak nambah beban,” jelasnya.

Sederhananya, untuk mengubah sepeda motor menjadi model drag bike, bisa dilakukan dengan beberapa langkah. Pertama,sasis! Bila dirasa tidak sesuai dan kurang ringan, bisa diganti dengan yang baru. Inilah salah satu yang menghabiskan biaya. Kalau versi impor dari Jepang, sasis drag bike bisa mencapai Rp 10-25 juta.

Untuk kaki-kaki, pilihlah sokbreker yang sesuai dengan ukuran sepeda motor. Ukuran ban juga disesuaikan, yaitu 50/90 untuk depan,dan 60/80 buat bagian belakang.Diameter pelek harus diperkecil, karena berhubungan dengan mesin yang akan di-bore up.

”Hitungannya berbeda kalau diameter ban nggak cocok. Semakin besar kapasitas, diameter ban diperkecil karena harus menggunakan perbandingan gigi yang tepat," terang Harri.

Agar bertenaga, mesin wajib dioprek. Penggantian biasanya dilakukan pada noken as, piston, karburator, kabel busi dan beberapa komponen lain dengan spesifikasi balap. Memperbesar langkah dan diameter piston (termasuk silinder) serta perbandingan transmisi. Tak kalah penting. perrbandingan gigi akhir merupakan faktor penting untuk meningkatkan performa.

Setelah bodi ringan, kaki-kaki oke, dan mesin gahar, selanjutnya adalah settingan sepeda motor sesuai bodi dan gaya si penunggang. Misalnya dengan pemakaian setang jepit, pijakan kaki baru, hingga jok datar dan tanpa tambahan busa (jadi tidak nyaman).

Menurut Harri, kemungkinan biaya akan berada di kisaran Rp 3-5 juta untuk yang murah, dan Rp 5-20 juta untuk spesifikasi heboh. ”Kalau ingin murah ,modif sepeda motor matik saja. Pasalnya, tidak perlu repot mengganti gigi-gigi transmisi yang mahal. Cukup mempeerbesar diameter silinder dan memperpanjang langkah",” ujarnya.

Untuk tampilan, bisa disesuaikan dengan selera. Selanjutnya, drag bike versi rumahan pun siap dibesut, asal dipakai di wadah yang benar dan tidak lupa mengutamakana keselamatan.


No comments: