Siapkan Charger bekas sesuai spek HP yang kita miliki.
Beli IC regulator tegangan seri 7805 + kabel isi 2 sekitar panjang 1 meter. Charger bekas hanya diambil kabel ke HPnya & Chasingnya saja. Pastikan kabel konector HP masih dalam keadaan baik. Gunakan Multimeter untuk melakukan pengetesan kabel tesebut.
MEMPERSIAPKAN ALAT
Alat yang diperlukan antara lain
– Obeng,
– Solder,
– Isolasi,
– Timah Patri (tenol).
– Multimeter
EKSEKUSI
1. Buka chasing HP
Keluarkan mesinnya, buang pada tempatnya…
2. Merangkai
Rangkai Seperti gambar berikut
Kaki 1 terhubung dengan positif Batere Aki sepea motor
kaki 2 terhubung dengan negatif Batere Aki sepeda motor dan kabel konektor HP yang negatif, gunakan multimeter untuk memastikanya.
Kaki 3 terhubung dengan kabel konektor charger HP yang positif.
Jangan lupa di isolasi ya sambungan kebel ke kaki IC-nya, biar gak konslet…
Tutup rangkaian dengan menggunakan Chasing Charger
TIPS TAMBAHAN
– Ditambah Saklar, lebih bagus
– Dikasih LED sebagai indikator juga OKE
– Kalo bisa dikasih sekring ya, buat pengaman. 1 Ampere cukup..
PRINSIP KERJA
IC 7805 merupakan keluarga IC regulator tegangan, yaitu IC yang berfungsi sebagai penstabil tegangan dengan nilai penstabilan tertentu. Apabila tegangan masukan (input) lebih besar dari nilai penstabilan IC maka keluaran (output) akan distabilkan sesuai dengan nilai penstabilan IC tersebut. Contoh IC penstabil tegangan yang lain adalah 7806, 7809, 7812, 7815 dan lain-lain.
Dua digit terakhir (angka 05 pada kode 7805) merupakan kode nilai tegangan penstabilan IC tersebut, yaitu 5 volt. Apabila tegangan input lebih besar dari 5 volt maka keluaran tegangan akan distabilkan menjadi 5 volt. Namun apabila tegangan input < 5 Volt maka tegangan output = tegangan input.
Batere HP rata-rata berpolaritas 3,7 volt dengan kemampuan arus yang kecil. Batere HP dapat di charge dengan tegangan tegangan sedikit lebih besar dan arus harus lebih besar. Prinsip kerja charger HP dari motor ini mirip dengan charger USB dari laptop, yaitu penge-charge-an dengan tegangan 5 volt.
No comments:
Post a Comment