Welcome Selamat Datang di My Blogspot http://pangearunbiru.blogspot.com/?m=0

RAM Android

----Aplikasi pengolah RAM terbaik.

RAM Manager Pro - com.smartprojects.RAMOptimization

Pada artikel Cara Menambah RAM Android yang saya tulis pada Desember 2012 diatas, salah satu tips nya yakni memakai Juwe RAM Script dimana script tersebut sebenarnya script awal dibuatnya RAM Manager Pro. Script tersebut sangat saya sukai karena hanya berwujud file kecil tanpa UI / aplikasi namun performanya sangat terasa.

Jika disuruh memilih, saya lebih pilih Juwe RAM Script daripada RAM Manager Pro. Namun RAM Manager Pro memiliki fitur yang banyak seperti preset yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Untuk sehari-hari bisa Anda pakai mode Balance. Jika sedang ingin bermain game bisa dipilih Hard Gaming. Ada juga Multitasking untuk Anda yang gemar bersosial media.

RAM Manager Pro juga mendukung Swap file yang bisa dimanfaatkan untuk menambah virtual memory RAM Android.

RAM Manager Pro membutuhkan akses root. Aplikasi ini juga aplikasi berbayar. RAM Manager Pro compatible dengan Android 2.1 keatas.

Smart RAM Booster Pro - com.rootuninstaller.ramboosterpro 

Dulu saya pernah membuat sebuah blog baru yang bertemakan sama dengan blog ini (waktu tepatnya  saya lupa). Artikel pertama saya ulas soal Smart RAM Booster Pro yang kala itu sedang booming di forum-forum maupun blog.

Dibuat oleh team AntTek - Root Uninstaller, Smart RAM Booster Pro menawarkan berbagai kelebihan tidak hanya mengoptimalkan RAM Android tapi juga mengoptimalkan memori Android. Di Smart RAM Booster Pro ada sebuah menu untuk membersihkan cache dan junk file dengan metode one-click service.

Bagi saya aplikasi ini adalah aplikasi paling optimal yang bisa dicoba setelah RAM Manager Pro. Aplikasi ini cocok sekali untuk menambah free RAM Android Anda lebih banyak.

Smart RAM Booster Pro membutuhkan akses root. Aplikasi ini juga aplikasi berbayar. Smart RAM Booster Pro compatible dengan Android 2.2 keatas.

ROEHSOFT RAM Expander (SWAP) - com.swapit.expander.de

Jika Anda membaca judul atau bahkan deskripsi dari aplikasi ini, sekilas Anda akan langsung paham ROEHSOFT RAM Expander bisa berbuat apa saja untuk Anda yang sedang kehabisan free RAM Android.

ROEHSOFT RAM Expander dengan embel-embel SWAP dibelakangnya bekerja lebih menitik beratkan space memory daripada efisiensi kinerja RAM. Dalam arti aplikasi ini tidak seperti kedua aplikasi yang saya sebut diatas, ROEHSOFT RAM Expander memiliki kemampuan membuat swap file untuk VM tanpa ada batasan, bisa sampai 4GB.

Perlu diingat Swap file dengan Linux Swap dan ZRam itu berbeda.

Swap file, membuat virtual memory dengan menggunakan SD Card. Anda akan menemukan sebuah file (biasanya berekstensi *.swp) didalam SD Card dengan kapasitas sama seperti yang sudah Anda buat. Jika Anda membuat Swap file berukuran 1GB misal, di SD Card akan ada sebuah single file dengan besar tersebut.

Linux Swap, sebuah swap dengan menggunakan partisi SD Card. Cara ini merupakan cara lama yang tidak terlalu banyak digunakan karena mereka-mereka yang mencoba cara ini tidak merasakan perbedaan apa-apa, karena mereka juga tidak memahami kalau Linux Swap akan bekerja jika kernel yang dipakai mensupport Swap partisi ini.

ZRAM, memangkas space RAM Android untuk digunakan sebagai swap memory. Ya, space RAM Android. Jika Anda mencoba cara ini, jangan heran jika Anda periksa di Running Apps mulanya kapasitas RAM Anda jika ditotal misal 480MB akan berkurang sebesar kapasitas ZRAM yang Anda buat.

Lebih banyak lagi, baca Kumpulan Cara Menambah Performa dan Kinerja RAM Android

Developer dari ROEHSOFT RAM Expander mengatakan dengan aplikasi ini masalah memori dan RAM yang Anda dapati akan segera terselesaikan. Namun jangan lupa untuk mengecek apakah device Android Anda compatible dengan aplikasi tersebut atau tidak.

ROEHSOFT RAM Expander membutuhkan akses root. Aplikasi ini juga aplikasi berbayar. ROEHSOFT RAM Expander compatible dengan Android 1.6 keatas

-----Menambah kapasitas RAM Android bukan berarti mengganti RAM internal yang sudah ada.

Itu sangat mustahil, kecuali jika Anda percaya dengan Project Ara. Jadi, jika RAM internal Android Anda misal hanya 512MB, tidak bisa Anda minta dinaikkan ke 1GB dan seterusnya.

Info lebih lanjut, baca Apakah RAM Android Bisa Ditambah Atau Dinaikkan?

Menambah RAM di Android prinsipnya membuat virtual memory. Bisa melalui Swap File, Swap Partition (Linux Swap), ataupun ZRAM. Fungsi dari virtual memory sendiri yaitu sebagai RAM bayangan yang mampu membantu kinerja RAM internal.

Perbedaan metode dalam membuat virtual memory :
Swap File : Membuat virtual memory dengan memanfaatkan file yang tersimpan didalam SD Card sebagai media swap
Swap Partition : Membuat virtual memory dengan media partisi SD Card. Memory eksternal Anda akan di partisi ulang menjadi dua atau tiga bagian, pada partisi terakhir menggunakan Linux Swap sebagai system nya
ZRAM : Membuat virtual memory dengan RAM internal. Sebagian space RAM internal Anda akan di potong dan dimanfaatkan sebagai virtual memory, semakin besar kapasitas ZRAM semakin habis pula space RAM internal Android Anda

Jika Anda berpikir bahwa RAM script atau tweak berfungsi menambah RAM Android, itu salah. RAM script merupakan script biasa pada umumnya, dibangun menggunakan bahasa C yang berguna hanya mengoptimalkan pemakaian RAM Android itu sendiri.

Virtual memory Android tidak perlu dibuat terlalu besar karena pada dasarnya seluruh proses yang berjalan tetap bertumpu pada RAM internal. Maksimal 256MB sudah cukup. Virtual memory 1GB tidak akan berpengaruh sama sekali terhadap kinerja Android Anda.

Berikut ini cara ampuh menambah kapasitas RAM Android. Bagi Anda yang mempunyai handheld dengan spesifikasi yang kurang, referensi berikut layak untuk Anda terapkan.

Jika Anda bingung dengan apa yang akan Anda lakukan, baca Apakah Menambah RAM di Android itu Perlu?
Install Swapper for Root

Install Swapper for Root untuk menambah virtual memory yang berfungsi menambah RAM Android. Swapper for Root tidak memerlukan partisi pada SD Card melainkan aplikasi ini menggunakan space memori eksternal untuk menyimpan swap file.
Pastikan Android Anda sudah dalam keadaan rooted
Download Swapper for Root kemudian install
Buka Swapper
Centang active swap on boot
Pilih SD Card FAT Partition pada Swap File Partition
Isi value dengan kapasitas swap RAM yang Anda kehendaki
Besar kapasitas swap RAM tergantung dengan besar free space memori eksternal
Save
Tunggu hingga swap file selesai dibuat
Reboot perangkat Android Anda
Install SD-Booster

Fungsi SD-Booster menaikkan kecepatan SD Card dalam membaca atau menulis data (R/W). Prinsipnya sama halnya dengan overclock, namun ini bukanlah CPU melainkan SD Card.
Pastikan Android Anda sudah dalam keadaan rooted
Download SD-Booster kemudian install
Buka SD-Booster
Isi cache size antara 1 hingga 8192, disarankan 1024 atau 2048
Tekan gambar centang hijau
Pasang Juwe RAM Script

Juwe RAM Script merupakan script pengatur RAM terbaik di Android. Script ini dapat mengoptimalkan performa, mempercepat kinerja Android dan mampu menghilangkan lag.

Meski sekarang Juwe RAM Script sudah di aplikasikan / sudah ditanam di aplikasi RAM Manager, namun tidak bisa dipungkiri Juwe RAM Script dapat menyeimbangkan penggunaan RAM, multitastking, lag, dimana Anda akan tetap mendapatkan cukup banyak free memory jika menggunakan RAM script ini.

Cara install Juwe RAM Script melalui CWM Recovery
Pastikan CWM Recovery sudah terinstall di perangkat Android Anda
*Referensi install CWM Recovery bisa di cari di search engine
Download Juwe RAM Script, simpan di SD Card, taruh dibagian luar
Buka CWM Recovery Anda
Pilih install zip from sd card
Arahkan ke Juwe RAM Script
Install
Cara install Juwe RAM Script secara manual
Pastikan Android Anda sudah dalam keadaan rooted
Pastikan init.d sudah aktif. Jika belum, baca Cara Mengaktifkan init.d Pada Android Tanpa Ganti Kernel
*Peringatan! Folder init.d tidak bisa dibuat hanya dengan membuat folder yang diberi nama init.d secara manual. Folder init.d terhubung dengan system. Jika Anda asal membuat folder init.d, itu tidak akan berfungsi
Download Juwe RAM Script dari link diatas
Ekstrak file tersebut, ambil file bernama S97ramscript didalam folder /system/etc/init.d
Pindahkan file tersebut ke folder /system/etc/init.d menggunakan file manager yang mendukung akses root seperti Root Explorer
Rubah permissionnya menjadi rwxr-xr-x
Reboot perangkat Android Anda
Optional selain memasang Juwe RAM Script
Jika cara diatas rumit bagi Anda atau jika Anda menginginkan cara yang lebih praktis, silahkan unduh aplikasi RAM Manager. Tersedia untuk versi FREE dan PRO.

RAM Manager memiliki kemampuan yang lebih dibanding Juwe RAM Script. RAM Manager juga masih mengadopsi fitur-fitur yang ditawarkan Juwe RAM Script. Hanya saja, selain sudah menggunakan interface yang baik, terdapat beraneka macam pilihan (preset) seperti Balance, Hard multitasking, hingga Hard gaming yang mana tiap preset tersebut memberikan efek yang berbeda-beda dan cocok dipakai di segala kebutuhan.

Langkah-langkah diatas tidak harus Anda lakukan semuanya. Yang paling penting dalam tutorial ini, sesuai dengan judulnya Cara Menambah Kapasitas RAM Android yaitu penambahan virtual memory (Swapper for Root).

Selain cara diatas, masih banyak cara menambah RAM dan mempercepat performa kinerja Android lain yang bisa Anda coba diantaranya bisa Anda baca di Kumpulan Cara Menambah Performa dan Kinerja RAM Android.

Bahaya meningkatkan kapasitas RAM di Android, sebelumnya mari kita ulas mengenai overclocking Android. Overclocking Android (atau overclock saja) merupakan sebuah teknik meningkatkan kinerja prosesor inti ke beberapa tingkatan yang lebih tinggi (meskipun tidak sampai berlipat-lipat) misalkan dari 600MHz ditingkatkan sampai dengan 850MHz atau dari 1GHz naik ke angka 1,5GHz. Biasanya tiap-tiap jenis ponsel Android memiliki kapasitas yang berbeda-beda dan jenis prosesornya pun berbeda-beda pula. Tidak bisa dari 600MHz dinaikkan ke 2GHz. Selain tergantung dari jenis prosesor juga tergantung dari kernel Android tersebut.

Sudah umum kita mengasumsikan jika semakin tinggi clock sebuah prosesor Android maka semakin kencang pula kinerja prosesornya. Bandingkan laptop yang memakai prosesor Intel Inside dengan yang ber-prosesor Intel Core i7. Mana yang lebih cepat? Dengan dinaikkannya clock prosesor Android maka diharapkan performa Android tersebut juga akan naik perlahan tapi pasti.

Tapi yakinlah bahwa sebuah vendor smartphone tidak serta merta memberi suatu spesifikasi Android tanpa ada perhitungan dan pertimbangan. Dengan kita mengasumsikan semakin tinggi clock prosesor Android akan semakin cepat performa handheld, itu salah. Justru ketidak-seimbangan performa yang sebetulnya terjadi (karena biasanya setelah clock prosesor Android dinaikkan akan terjadi peningkatan performa kata sebagian orang). Saya pribadi merasakan setelah saya lakukan overclocking, handphone jadi lebih cepat panas dan kemampuan scrollingnya menurun.

Itu tadi soal overclocking Android. Bagaimana dengan meningkatkan RAM di Android? Silahkan dicatat, sebetulnya Android tidak bisa ditingkatkan RAM internal nya. RAM internal Android juga tidak bisa diganti. Mungkin ada beberapa teknik yang bisa disebut / benar-benar disebut meningkatkan RAM Android yaitu dengan metode SWAP (baca Menambah RAM di Android dengan SWAP) dan dengan metode ZRAM (baca Menambah RAM di Android dengan ZRAM).

Bahayanya? Jika dilihat dari dua metode yang saya sebut diatas, metode SWAP memanfaatkan kemampuan memori eksternal untuk dijadikan virtual memory (anggap saja RAM pendukung). Kelemahannya disinyalir bisa membuat umur SDCard anda berkurang. Metode kedua metode ZRAM, ZRAM memangkas sebagian besar kapasitas memori internal untuk dijadikan virtual memory. Hasilnya, jika anda lihat free memory anda, jika ukuran maksimalnya katakan 500MB maka bila dipangkas oleh ZRAM, free RAM nya tidak akan pernah bisa mencapai 500MB. Tapi itu bukan merupakan suatu masalah karena tidak ada efek negatif dari kedua metode diatas. Jadi selama ini hanya virtual memory yang bisa dikatakan benar-benar menambah RAM di Android

No comments: