Welcome Selamat Datang di My Blogspot http://pangearunbiru.blogspot.com/?m=0

Penerima Nobel Pertama Wanita

Sejak tahun 1901 penghargaan nobel sudah banyak diberikan kepada orang-orang yang menciptakan, menemukan atau meneliti suatu teknik atau benda baru yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Pada awal penghargaan nobel bergulir, penerima penghargaan ini didominasi oleh pria, hingga tahun 1903 untuk pertama kalinya seorang wanita mendapatkan penghargaan nobel. Siapakah dia?
Akrab dengan sebutan Marie Curie, seorang wanita warga Prancis kelahiran Warsawa, Polandia, 7 November 1867, menjadi wanita pertama penerima nobel dalam bidang fisika. Penghargaan tersebut ia dapatkan setelah ia bersama suaminya, Pierre Currie, melakukan penyelidikan terhadap radioaktivitas hasil penemuan Henry Becquerel, Bapak Fisika Nuklir dan Bapak Fisika Atom Modern. Hasil penyelidikan ini menghasilkan penemuan berupa plutonium.
Maria Sklodowska-Curie, nama lengkapnya, kembali mendapatkan penghargaan nobel pada tahun 1911 untuk bidang kimia. Ia menemukan medium murni yang membuka jalan untuk penemuan lain seperti neutron dan radioisotop. Marie Curie meninggal pada tanggal 4 Juli 1934 setelah menderita leukemia akibat terkena radiasi

No comments: