Welcome Selamat Datang di My Blogspot http://pangearunbiru.blogspot.com/?m=0

KOLAM RENANG

Beberapa penyebab air kolam renang berwarna hijau adalah sebagai berikut ini:
  1. Tingkat PH air kolam tidak stabilTingkat kelembabpan air adalah yang pertama sebagai faktor air kolam renang menjadi hijau karena apabila PH air kolam renang tidak seimbang bakteri, kuman, lumut (ganggang) mudah hidup dan berkembang biak yang diawali dengan masuknya berbagai hewan air ke dalam kolam renang.
  2. Sistem Filtrasi GagalPada umumnya saat ini semua kolam renang baik pribadi maupun kolam renang umum menggunakan sistem filtrasi danoverflow. Dikatakan gagal karena kurangnya kemampuan sistem suatu kolam dengan debit air kolam yang ada, juga karena buruknya sistem pemipaankolam renang  yang menyebabkan tidak maksimalnya kinerja filtrasi.
  3. Chemical tidak tepat sasaranPenambahan kimia dalam kolam renang sangat penting karena untuk mengendalikan semua unsur yang menyebabkan terganggunya kestabilan PH air kolam renang dan juga untuk membunuh kuman, bakteri dan lumut (ganggang) yang ada dalam air kolam renang. Sebelum penambahan kimia sebaiknya mengetahui tingkat PHdahulu supaya kimia tepat sasaran dan hemat obat yang ditambahkan.
  4. Kebersihan lanscape kolam renangSemua sampah yang ada di sekitar kolam renang sangat berpengaruh karena dikwatirkan akan masuk ke dalam kolam renang bila teriup angin dan menyebabkan terganggunya kondisi PH air kolam renang, hal ini sangat ditekankan pada kolam renang out dor.
  5. Karena faktor cuacaHal ini yang memang yang harus benar-benar kita pahami cuaca yang bagaimana yang mampu mempengaruhi kondisi air kolam renang. Karena angin yang kencang membawa daun dan sampah ke dalam kolam renang yang harus segera kita bersihkan, Musim penghujan yang membawa curah hujan yang tinggi juga sangat berpengaruh terhadap kondisi air kolam renang. Hilangnya kandungan kimia kolam renang karena tergantinya air kolam renang dengan air hujan yang tidak menentu bisa bersifat asam dan bisa bersifat basa.
Hal hal yang ada di kolam renang:
Yang pertama adalah kaporit / chlorine yang pokok dan wajib ada, karena fungsi kaporit ini yang sangat penting.  Kaporit merupakan kimia disinfektan yang dapat membunuh berbagai bibit penyakit dan mematikan spora alga yang dapat mengganggu kebersihan kolam renang. Air merupakan media yang sangat sempurna untuk memindahkan bakteri dari satu orang ke orang lainya dalam satu kolam renang. Bibit penyakit yang timbul bisa bersumber dari ludah, urine, bahkan keringat yang bercampur dengan air kolam renang.

Yang kedua adalah HCL atau lebih dikenal dengan air keras. Karena sifatnya hcl yang asam maka dapat digunakan dalam kimia kolam renang untuk menurunkan kelembapan / PH kolam renang. Dalam pemakaianya air keras ini harus sesuai dengan kondisi air kolam anda, jangan sampai menambahkan HCL terlalu tinggi yang dapat menyebabkan beberapa efek yang tidak kita inginkan. Kelebihan HCLpada kolam renang menyebabkan kondisi air kolam renang terlalu asam, hal ini mempercepat proses korosi pada logam yang ada di dalam kolam renang, akan berwarna kuning pada besi dan tegel dinding kolam renang.

Yang ketiga adalah soda ash atau ada yang menyebutnya dengan soda abu. Kimia soda abu ini bersifat basa dan dapat digunakan sebagai menaikan PH kolam renang. Dalam pemakainanya soda abu dilarutkan dalam air bersih kemudian dimasukan di dalam kolam, sebaiknya dalam posisi sirkulasi untuk mempercepat meratanya kimia soda ash.

Yang ke empat adalah terusi, kimia kolam renang ini digunakan sebagai pengikat kotoran yang berukuran mikro dan mengendapkanya untuk mempermudah pekerjaan vacuum. Dalam pemakaianya terusi harus dilarutkan terlebih dahulu dengan air bersih baru kemudian dimasukan dalam kolam renang berupa cairan. Terusi juga digunakan untuk mempercantik warna kolam renang yang dapat menjadi tampak kebiruan dengan dosis terusi yang cukup.

Yang ke lima adalah PAC, kimia kolam renang ini hanya digunakan apabila hanya dalam keadaan memaksa. Pemakaian pac digunakan untuk memperbaiki kondisi kolam renang yang benar benar sudah parah kondisinya, seperti berwarna hijau kare berkembangnya alga atau ganggang hijau. Pemakaian pac harus di ikuti dengan pekerjaan vacuum buang. Karena pac mengikat semua kotoran dan mengendapkanya, endapan sebaiknya di vacuum pada malam hari tanpa sinar matahari, karena bila terkena matahari endapan akan terangkat naik dan mengambang. Hal ini akan mempersulit pekerjaan vacuum.

Yang ke enam adalah alkalinity, kimia kolam renang ini adalah untuk memberikan keseimbangan alkalinitas air kolam renang, yang berfungsi sebagai penyeimbang PH kolam renang. Apabila kandungan alkalinitas air kolam renang berkurang atau hilang maka akan sulit mengontrol PH kolam renang. Kekurangan atau hilangnya alkalinitas air kolam renang menyebabkan tidak bereaksinya kimia kolam renang lainya bila di tambahkan dalam kolam renang.

Fungsi dan kelemahan obat kolam:

KAPORIT
* untUk menghilangkan bau anyir dan
bau lumut pd air kolam 
* membunuh kuman

Efek samping :
Jika terlalu banyak
* Meninggal kan kerak
* membuat dinding keramik berwarna
coklat 

###########################


ACID CITRIC
* untuk mengurangi kadar soda ash
dgn cepat
* Menurunkan PH 

Efek samping :
Jika terlalu banyak
* air akan berwarna kuning dan air
terasa panas 

###########################

SODA ASH / NITRIT CARBONAT DENSE
* Untuk menambah kadar soda ash
dgn cepat
* Menaikan PH
* air akan terasa dingin 



CUPRI / COPPER SULFAT TK
*UntUk membuat air berwarna biru
*membunuh ganggang lumut 

###########################

PAC / POLY ALUMN CLORID
* Untk mengikat debu/bibit lumut yg
berterbangan di dalam air
(biar debu dan bibit lumut pada ngendèk d
dasar kolam)
* untk membunuh lumut hijau 

Efek samping :
Jika terlalu banyak
* menyisakan ampas kotoran
di dasar kolam

Post a Comment